Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir Hadiri RAT Koperasi

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir menghadiri kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi di beberapa tempat.

Sejak Februari hingga Maret 2023, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir Ir. H. ILLYANTO, MT mengikuti kegiatan RAT diantaranya RAT Koperasi Serantau Tanah Merah Kuala Enok, RAT Koperasi Agro Ekstensia Tembilahan dan RAT Koperasi Mitra Jaya Nusa Kecamatan Pelangiran.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Indragiri Hilir selalu menyampaikan pesan-pesan penting terkait dengan RAT Koperasi. Menurut nya RAT bagi sebuah koperasi merupakan hal yang mutlak harus dilaksanakan, sebab RAT merupakan ciri dan sendi utama dalam menggerakkan koperasi.

“Selain itu RAT juga merupakan implementasi dan semangat yang harus hidup dalam koperasi yaitu asas kekeluargaan. Sebagai institusi pengambilan keputusan tertinggi dalam koperasi, RAT menyiratkan bahwa kekuatan utama pada organisasi koperasi adalah pada anggotanya,” ungkap Ir. H. ILLYANTO, MT.

Ditambahkannya, “Semakin banyak anggota koperasi yang berpartisipasi aktif, maka akan semakin baik dan dapat memperoleh hasil keputusan dan kebijakan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan anggota koperasi.”

Dirinya berharap anggota-anggota kopeasi yang hadir dalam RAT dapat menggunakan hak berbicara dan menyampaikan aspirasinya sehingga pertanggungjawaban yang disampaikan pengurus dapat diterima dan dipahami dengan baik.

Selain itu, disebutkan bahwa Rapat Anggota Tahunan bisa berdampak positif bagi koperasi dan seluruh anggota koperasi karena unsur badan usaha koperasi seperti pengurus dan pengawas dapat mengoptimalkan tugas, fungsi dan perannya masing-masing.

Misalnya pemeriksaan atas pengelolaan koperasi dapat berjalan secra teratur dan seusai peraturan perundang-undangan yang berlaku juga sesuai dengan AD/ART Koperasi,” pungkasnya.

 

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.