Lakukan Pemeriksaan Terhadap Koperasi Simpan Pinjam

(Selasa 24/10/2023) KSP SUBUR berlokasi di Jl. Jendral Sudirman, Tembilahan Kota Kec. Tembilahan adalah koperasi primer kabupaten/kota artinya binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kab. Indragiri Hilir. Pengurus KSP SUBUR diketuai oleh H. Ridwan, Koperasi ini berdiri pada 09 Juni 1973 dengan badan hukum : 447/BH/XIII/73 dan Perubahan Anggaran Dasar Nomor : 382/BH/PAD/KWK.

Dengan ditetapkannya Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 09 Tahun 2020 Tentang Pengawasan Koperasi dan Petunjuk Teknis Deputi Bidang Perkoperasian Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Pedoman Kertas Kerja Pemeriksaan Kesehatan Koperasi, aspek pemeriksaan kesehatan Koperasi meliputi Tata Kelola, Profil Risiko, Kinerja Keuangan dan Permodalan Koperasi.

 

Tujuan Pemeriksaan ini dalam rangka Pengawasan Kekuatan, Kesehatan, Kemandirian, Ketangguhan serta Akuntabilitas Koperasi Kewenangan Kabupaten/Kota. Koperasi ini telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan secara rutin setiap tahunnya sesuai dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Saat tim pegawas Koperasi melakukan pemeriksaan kesehatan Koperasi, ditemukan beberapa kekurangan yaitu Koperasi ini belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) Koperasi dan Izin usaha Simpan serta NIK Koperasi telah expired.

Ir. H. Illyanto, MT selaku Kepala Dinas beserta Petugas yang turun adalah Gustina DR, SE selaku analis Koperasi dan Rusdi selaku Pelaksana dan Hj. Sitti Nurasiah,SH Pengawas Koperasi Ahli Muda selaku Satgas Pengawas Koperasi Se-Provinsi Riau Tahun Anggaran 2023 juga melakukan pengawasan ke beberapa koperasi yang ada di Tembilahan dan Tembilahan Hulu salah satunya koperasi ini.

Ketua Koperasi “H. Ridwan” menyampaikan bahwa koperasi siap untuk memperbaiki dan melengkapi kekurangan koperasi sesuai dengan saran dan rekomendasi dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kab. indragiri hilir. Adapun usaha yg dijalankan adalah simpan pinjam yg beranggotakan para pedagang di pasar.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.